Banyak Hal Berubah

 Assalamualaikum Wr. Wb.


        Tak perlu dijelaskan. Aku, Kamu dan yang lain pasti tau. Kita semua berubah. Dari segala aspek manapun, kita semua berubah. Mau suka ataupun tidak, kita semua berubah. Berubah bukan hal buruk kok. Itu sebuah pertanda kalau kita tumbuh. Berkembang. Menjadi yang lebih baik. Meski beberapa ada hal yang menjadi sedikit lebih buruk.

        Aku yang dulu tidak tau apa-apa. Aku yang dulu hanya ingin tinggal di zona nyaman. Aku yang tidak ingin berbicara dengasn orang lain jika tidak perlu. Aku yang dinilai sebagai pendiam tanpa mau menegur ketika bertemu. Aku yang memilih menunduk ketimbang menatap lurus kedepan. Aku yang hanya ingin berteman dengan orang yang itu-itu saja. Aku yang suka berdiam diri ketimbang pergi keluar. Aku yang sekarang dipaksa untuk menjadi lebih baik dari semua itu. Melelahkan. Menguras tenaga. Bersusah payah untuk pindah dari zona nyaman. Itu semua membuatku berubah. Menjadi yang lebih baik.

        Keluar dari tempat berdiam selama tiga tahun itu tidak mudah. Dengan berbagai macam perhitungan una-inu. Pro dan kontra dari berbagai pihak. Ketidaksukaan orang tentang pola pikir ku membuat mereka marah. Mereka berusaha membuatku keluar untuk menjadi lebih baik. Mereka mengeluarkan tenaga ekstra hanya untuk membuat ku percaya kalau aku bisa menjadi lebih baik.

        Aku yang berulang kali berpikir kalau aku tidak bisa menjadi seperti yang mereka pikir. Mereka selalu mengatakan jika aku sangat pesimis. Sangat tidak percaya diri untuk berubah menjadi lebih baik. Tapi jujur, aku merasa tidak sanggup akan hal itu. Awalnya. Meski sudah keluar kurang lebih tiga bulan, aku masih saja itu semua kurang. Aku belum bisa menjadi lebih baik. Menurutku itu hanya perubahan yang sangat sedikit jika aku bisa mengatakannya. Tapi mereka mengatakan bahwa itu sebuah kemajuan yang besar. Menunjukkan bahwa aku bisa. Aku sanggup untuk berubah menbjadi lebih baik dari sebelumnya.


Foto saya sendiri



        Mau percaya atau tidak. Seperti apa kata mereka, kalau aku bisa melakukannya. Meski dari sudut pandangku itu hanya hal kecil. Masih saja dengan pemikiran pesimis ku. dengan jiwa feminim, kata mereka. Mereka bilang hanya sedikit polesan saja bisa membuat ku menjadi sangat berharga. Hanya saja sedikit polesan itu akan terasa sangat lama jika aku masih dengan pemikiran bahwa aku tidak bisa.

        Aku yang selama ini memilih untuk diam dengan segala permasalahan saat berada dalam zona nyaman kini memutuskan untuk pergi.Menjauh dari mereka yang tak bisa diam ketika melihat hal baru. Heboh. Gemar menyebarkan berita yang tidak-tidak. Suka mejelekkan orang lain meski hanya mengenal dari sisi luarnya saja. Selalu berkomentar yang tidak baik. Mereka sangat memuakkan.

         Sekarang aku bisa sangat bersyukur karena bisa keluar dari sana. Membuat ku lega, juga takut. Taku bahwa di luar sana bisa sangat membahayakan dari zona nyama yang memuakkan sebelumnya. Semoga dunia luar bisa lebih baik lagi. Semoga dunia luar bisa membuatku menjadi prbadi yang lebih dewasa. Lebih bisa memilih mana yang baik untuk kehidupan selanjutnya. Bisa menjadi pribadi yang bisa membantu orang tumbuh menjadi lebih baik. Seperti apa yang mereka lakukan kepadaku, untuk keluar dari zona nyaman.

        Bagaimana dengan mu? Apa banyak Hal berubah juga? Apa kau menyukai perubahan itu?

        Senang bisa bercerita tentang perubahan ini. Karena ini merupakan hal yang besar bagiku. Meski ya bisa dibilang tahap awal. Masih tak banyak. Tapi pasti semua akan berkembang.menjadi lebih baik.


Thanks For Visit....

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Comments